A.
Prinsip
Dasar Perkembangan
Carol Gestwicki (1995) mengemukakan
beberapa prinsip dasar perkembangan.
a. Terdapat
urutan yang dapat diramalkan
b. Tahapan
sebagai landasan bagi perkembangan berikutnya
c. Terdapat
waktu-waktu yang optimal
d. Merupakan
hasil interaksi faktor biologis dan lingkungan
e. Perkembangan
maju sebagai kesatuan yang saling berhubungan, dengan semua aspek yang saling
mempengaruhi
f. Individu
berkembang sesuai dengan waktunya
g. Berlangsung
dari yang sederhana ke yang kompleks
Penelitian Sutterly dan Donnely mengenai proses pertumbuhan menghasilkan
sepuluh prinsip dasar pertumbuhan
1. Perubahan
adalah kompleks dan semua aspek-aspeknya berhubungan sangat erat
2. Pertumbuhan
mencakup hal-hal kunatitatif dan kualitatif
3. Pertumbuhan
adalah proses yang berkesinambungan dan terjadi secara teratur
4. Pada
pertumbuhan dan perkembangan terdapat keteraturan arah
5. Tempo
pertumbuhan tidak sama
6. Aspek-aspek
yang berada dari pertumbuhan berkembang pada waktu dan kecepatan yang berbeda
7. Kecepatan
dan pola pertumbuhan dapat dimodifikasi oleh faktor-faktor intrinsik dan
ekstrinsik
8. Pada
pertumbuhan dan perkembangan terdapat masa-masa kritis
9. Pada
suatu organisme ada kecenderungan untuk mencapat potensi perkembangan optimal
10. Setiap
individu tumbuh caranya sendiri yang unik
B.
Hakikat
Pengalaman Belajar
Albert Bandura (1969) menjelaskan
sistem pengendalian perilaku belajar adalah perubahan perilaku sebagai fungsi
pengalaman. Di dalamnya tercakup perubahan-perubahan afektif, motorik, dan
kognitif yang tidak di hasilkan oleh sebab-sebab lain. Bandura menjelaskan
sistem pengendalian perilaku yaitu:
1.
Stimulus
control
Perilaku manusia yang muncul di bawah
pengendalian langsung dari peristiwa-peristiwa stimulus eksternal.
2.
Outcome
control
Perilaku manusia yang dilakukan
ditentukan untuk mencapai hasilnya.
3.
Symbolic
control
Pertimbangan dalam situasi-situasi
tertentu perilaku itu dikendalikan oleh rangsangan dari luar maupun hasil yang
dicapai.
Beberapa ide umum tentang pengalaman
belajar:
1. Keterlibatan
dalam pengalaman belajar mempunyai pengaruh penting terhadap pembelajaran
2. Suasana
yang bebas dan penuh kepercayan akan menunjang kehendak peserta didik
3. Strategi
yang mendalam dapat dipergunakan dengan memperhatikan beberapa aspek
4. Pembelajaran
berpengaruh kepada hal-hal khusus
5. Banyak
pengaruh yang dapat dipelajari melalui model sedang peserta didik berusaha
menirunya
C.
Kegiatan
Perkembangan dengan Pengalaman Belajar
Gaya belajar adalah kunci untuk
mengembangkan kinerja dalam pekerjaan. Pengalaman belajar seseorang sangat erat
kaitannya dengan gaya belajar, cara belajar, yang dipengaruhi oleh
berbagaivariabel, yaitu: faktor-faktor fisik, emosional, sosiologis, dan
lingkungan.
Langkah pertama yang perlu dilakukan
pada awal pengalaman belajar ialah mengenali modalitas kita masing-masing yaitu
bagaimana menyerap informasi dengan mudah. Apakah modalitas kita visual,
auditorial, ataupun kinestik.
D.
Anak
Berkembang Sebagai Pribadi yang Utuh
Konsepsi pengajaran tradisional yang
mementingkan perkembangan intelektual berubah. Sekolah modern lebih
memperhatikan seluruh pribadi anak itu, baik mengenai segi emosi, sosial,
jasmani maupun segi intelektualnya. Sekolah beruaaha dengan sengaja
mengembangkan semua aspek pribadi anak dengan memberikan bahan pelajaran yang
sesuai dengan cara penyampaian yang bervariasi.
No comments:
Post a Comment