Ruang
lingkup esensi materi dari mata pelajaran IPS meliputi asptk-aspek; geografi,
sejarah,sosiologi, ekonomi. Keempat aspek tersebut tentunya diambil atau dikaji
dari pengalaman sebuah peristiwa. Peristiwa atau kabar berita yang terjadi dan
menyangkut pada aktivitas kehidupan manusia di masyarakat serta tidak jelas
asal usulnya, dan masih berupa desas-desus atau kabar angin diartikan sebagai isu sosial.
Perkembangan
ilmu-ilmu sosial dan ilmu-ilmu pengetahuan alam disdasari oleh pengungkapan
fakta dan data yang selanjutnya sampai kepada konsep, generalisasi, teori dan
hukum.
A.
Peristiwa
Peristiwa atau kejadian adalah hal-hal yang pernah terjadi, peristiwa
merupakan suatu kejadian yang benar-benar dan pernah terjadi, tetapi masih
perlu dibuktikan kebenarannya, peristiwa ada yang bersifat alamiah dan
insaniah; peristiwa yang bersifat alamiah, seperti banjir, tsunami, gempa bumi
dan sebagainya. Peristiwa yang bersifat insaniah, seperti pemilu, pembangunan
jembatan, krisis moneter.
B.
Fakta
Peristiwa atau kejadian yan telah diuji dan diketahui kebenarannya
disebut fakta, fakta merupakan hasil dari observasi yang bisa dibuktikan secara
empiris dan real.
Menurut Banks (1985:85) fakta merupakan pernyataan positif dan rumusan
sederhana. Pengetahuan yang hanya bertumpu kepada fakta akan sangat terbatas
sebab :
1. Kemampuan kita mengingat sangat terbatas
2. Fakta bisa berubah setiap waktu
3. Fakta hanya berkenaan dengan situas khusus
C Konsep
Konsep adalah suatu istilah, pengungkapan abstrak yang digunakan untuk
tujuan mengklasifikasikan atau mengkategorikan suatu kelompok dari suatu
(benda), gagasan atau peristiwa.
Konsep dapat dipelajari dengna efektif jika disertai dengan mengemukakan
sejumlah contoh yang positif.
D Generalisasi
Menurut Schuneke (1988:16) generelisasi merupakan absraksi dan sengat
terikat konsep. Untuk memahami generalisasi diperlukan paling sedikit 2 konsep;
bisa dari satu disiplin ilmu sosial atau dari disiplin ilmu sosial yang
berbeda.
Pengajaran ilmu pengetahuan sosial apda SD kelas III antara lain dengan
1. Menceritakan lingkungan alam sekitar
2. Membuat denah dan peta dengan bekerja sama
Pengajaran ilmu pengetahuan sosial pada SD kelas IV antara lain dengan ;
1. Membaca peta lingkungan
2. Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya
alam
3. Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya
E Aspek-aspek
IPS dan konsep dasarnya
1. Sosiologi
Sosiologi memiliki konsep-konsep dasar antara lain ; sosialisasi,
peranan norma dan sanksi, nilai (values), gerakan sosial, masyarakat
2. Ekonomi
Konsep – konsep dasar ekonomi antara lain; kelangkaan, produksi, saling
ketergantungan, pembagian kerja
3. Geografi
Konsep-konsep dasarnya antara lain; lokasi, interaksi spasial, pola
spasial kota,
difusi kebudayaan.
4. Sejarah
Konsep-konsep dasarnya antara lain; kontinuitas dan perubahan, waktu
lampau, kerjasama konflik, nasionalisme.
Dalam memilih konsep taba (dalam Banks 1985:43) menyebutkan kriteria
berikut :
1. Validity :
konsep yang tepat
2. Significance :
Bermakna
3. Appropriatences : Kelayakan atau pantas
4. Durability :
tahan lama
5. Balance :
Seimbang
terima kasih pak blognya sangat membantu menambah pengetahuan
ReplyDelete