Tuesday, January 29, 2013

PENGEMBANGAN KURIKULUM


Pada dasarnya pengembangan kurikulum ialah mengarahkan kurikulum sekarang ke tujuan pendidikan yang diharapkan karena adanya berbagai pengaruh yang sifatnya positif yang datangnya dari luar tapi dari dalam sendiri, dengan harapan agar peserta didik dapat menghadapi masa depannya dengan baik. Oleh karena itu pengembangan kurikulum hendaknya bersifat antisipatif, adaptif dan aplikatif. Antisipatif dalam pengembangan kurikulum dapat diarahkan ke hal-hal jangka pendek dan jangka panjang, seperti pada pengarahan pelita I, II, III dan seterusnya dan PJPT II, III dan seterusnya.
Untuk dapat pencapaian harapan yang mampu dicapai itupun perlu adanya berbagai faktor yang mendukung dan program yang aplikabel diantaranya :
1.      Apanya yang Dikembangkan
2.      Siapa yang Mengembangkan Kurikulum

A.    Pendekatan Pengembangan
Pada dasarnya ada tiga pendekatan dalam perencanaan dan pengembangan kurikulum, yaitu :
1.      Pendekatan berdasarkan materi
2.      Pendekatan berdasarkan tujuan
3.      Pendekatan berdasarkan kemampuan

B.     Pendekatan Berdasarkan Kemampuan

C.     Pengembangan Kurikulum Atas Dasar Lokasi
Tingkat pengembangan kurikulum dapat dilaksanakan menurut kasinya sebagai berikut :
1.      Pengembangan Kurikulum Tingkat Nasional
2.      Pengembangan Kurikulum Tingkat Lokal
3.      Pengembangan Kurikulum Tingkat Sekolah
4.      Pengembangan Kurikulum Tingkas Klas

D.    Model-model Pengembangan Kurikulum
Model adalah konstruksi yang bersifat teoritis dari konsep. Menurut Robert S. Zain dalam bukunya : Curriculum Principles and Foundation, berbagai model dalam pengembangan kurikulum secara garis besar diutarakan sebagai berikut:
1.      Model Administratif
2.      Model dari Bawah (Grass-Roats)
3.      Model Demonstrasi
4.      Model Beaucham
5.      Model Terbalik Hilda Taba
6.      Model Hubungan Interpersonal
7.      Model Action Research yang Sistematis

No comments:

Post a Comment