Saturday, October 19, 2013

HUKUM-HUKUM PERKEMBANGAN ANAK




A.      Prinsip Dasar Perkembangan
Carol Gestwicki (1995) mengemukakan beberapa prinsip dasar perkembangan.
a.       Terdapat urutan yang dapat diramalkan
b.      Tahapan sebagai landasan bagi perkembangan berikutnya
c.       Terdapat waktu-waktu yang optimal
d.      Merupakan hasil interaksi faktor biologis dan lingkungan
e.       Perkembangan maju sebagai kesatuan yang saling berhubungan, dengan semua aspek yang saling mempengaruhi
f.       Individu berkembang sesuai dengan waktunya
g.      Berlangsung dari yang sederhana ke yang kompleks

Penelitian Sutterly dan Donnely mengenai proses pertumbuhan menghasilkan sepuluh prinsip dasar pertumbuhan
1.      Perubahan adalah kompleks dan semua aspek-aspeknya berhubungan sangat erat
2.      Pertumbuhan mencakup hal-hal kunatitatif dan kualitatif
3.      Pertumbuhan adalah proses yang berkesinambungan dan terjadi secara teratur
4.      Pada pertumbuhan dan perkembangan terdapat keteraturan arah
5.      Tempo pertumbuhan tidak sama
6.      Aspek-aspek yang berada dari pertumbuhan berkembang pada waktu dan kecepatan yang berbeda
7.      Kecepatan dan pola pertumbuhan dapat dimodifikasi oleh faktor-faktor intrinsik dan ekstrinsik
8.      Pada pertumbuhan dan perkembangan terdapat masa-masa kritis
9.      Pada suatu organisme ada kecenderungan untuk mencapat potensi perkembangan optimal
10.  Setiap individu tumbuh caranya sendiri yang unik

B.       Hakikat Pengalaman Belajar
Albert Bandura (1969) menjelaskan sistem pengendalian perilaku belajar adalah perubahan perilaku sebagai fungsi pengalaman. Di dalamnya tercakup perubahan-perubahan afektif, motorik, dan kognitif yang tidak di hasilkan oleh sebab-sebab lain. Bandura menjelaskan sistem pengendalian perilaku yaitu:
1.      Stimulus control
Perilaku manusia yang muncul di bawah pengendalian langsung dari peristiwa-peristiwa stimulus eksternal.
2.      Outcome control
Perilaku manusia yang dilakukan ditentukan untuk mencapai hasilnya.
3.      Symbolic control
Pertimbangan dalam situasi-situasi tertentu perilaku itu dikendalikan oleh rangsangan dari luar maupun hasil yang dicapai.

Beberapa ide umum tentang pengalaman belajar:
1.      Keterlibatan dalam pengalaman belajar mempunyai pengaruh penting terhadap pembelajaran
2.      Suasana yang bebas dan penuh kepercayan akan menunjang kehendak peserta didik
3.      Strategi yang mendalam dapat dipergunakan dengan memperhatikan beberapa aspek
4.      Pembelajaran berpengaruh kepada hal-hal khusus
5.      Banyak pengaruh yang dapat dipelajari melalui model sedang peserta didik berusaha menirunya



C.      Kegiatan Perkembangan dengan Pengalaman Belajar
Gaya belajar adalah kunci untuk mengembangkan kinerja dalam pekerjaan. Pengalaman belajar seseorang sangat erat kaitannya dengan gaya belajar, cara belajar, yang dipengaruhi oleh berbagaivariabel, yaitu: faktor-faktor fisik, emosional, sosiologis, dan lingkungan.

Langkah pertama yang perlu dilakukan pada awal pengalaman belajar ialah mengenali modalitas kita masing-masing yaitu bagaimana menyerap informasi dengan mudah. Apakah modalitas kita visual, auditorial, ataupun kinestik.

D.      Anak Berkembang Sebagai Pribadi yang Utuh
Konsepsi pengajaran tradisional yang mementingkan perkembangan intelektual berubah. Sekolah modern lebih memperhatikan seluruh pribadi anak itu, baik mengenai segi emosi, sosial, jasmani maupun segi intelektualnya. Sekolah beruaaha dengan sengaja mengembangkan semua aspek pribadi anak dengan memberikan bahan pelajaran yang sesuai dengan cara penyampaian yang bervariasi.

No comments:

Post a Comment