Friday, May 11, 2012

Keputusan Situasi dan Transaksional


Guru dalam menerapkan kompetensi guru harus melaksanakan persiapan dan juga keterampilan. Disamping keterampilan teknis, aspek-aspek kepribadian dan lainya seperti nilai-nilai dan temperamen juga berpengaruh terhadap kompetensi. Guru harus menerapkan perilaku mengajar secara bervariasi sesuai dengan tujuan, bahan pelajaran, peralatan dan siswa yang bervariasi.

Dalam mengambil keputusan-keputusan tentang apa dan bagaimana pengalaman belajar yang dimaksud akan diwujudkan, berdasarkan analisis-situasi, antara lain berdasarkan tujuan yang ingin dicapai, bahan yang akan disampaikan, waktu serta fasilitas yang tersedia dan perilaku bawaan para siswanya. Keputusan ini disebut keputusan situasional.

Perbuatan profesional kependidikan dikatakan bersifat transaksional dalam arti tergantung pada pihak-pihak dan kondisi yang terlibat secara aktual di dalam peristiwa pendidikan. Keputusan yang diambil guru untuk menyesuaikan dengan kondisi kelas tersebut disebut keputusan transaksional. Keputusan yang bersifat transaksional memerlukan penyesuaian-penyesuaian berdasarkan umpan balik yang diperoleh guru dari interaksinya dengan siswa maupun interaksi antarsiswa, sementara kegiatan belajar mengajar berlangsung.

Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar seorang guru membuat perencanaan pengajaran yang bersifat situasional yang berdasarkan :

1.      Identifikasi kebutuhan-kebutuhan dan minat-minat siswa
2.      Tujuan-tujuan performan siswa
3.      Karakteristik materi
4.      Ketersediaan fasilitas, ruang dan waktu, serta
5.      Kemampuan guru sendiri

Perencanaan yang dilakukan guru sebelum pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum, terkadang tidak sesuai dengan apa terjadi dilapangan. Dengan hal tersebut maka guru dituntut untuk mampu menyesuaikan berdasarkan situasi dan kondisi yang dihadapi secara aktual dan berkembang dilingkungan belajar mengajar. Peristiwa yang berkembang secara aktual dalam proses belajar mengajar dikelas memungkinkan guru melakukan penyesuaian yang bersifat transaksional dengan faktor-faktor yang menentukan di dalam kegiatan belajar mengajar sehingga dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar guru lebih kreatif untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Beberapa faktor penentu aktualisasi peristiwa belajar mengajar antara lain adalah :

1.      Tujuan yang  meliputi pengetahuan, keterampilan, sikap, nilai yang ingin dicapai atau ditingkatkan.
2.      Siswa yang meliputi usia, kemampuan,minat, latar belakang, motivasi.
3.      Pengajar yang meliputi filosofi, kompetensi, kebiasaan dan lain-lain.
4.      Materi/bahan mata pelajaran yang meliputi fakta, konsep keterampilan dan lain-lain
5.      Ketersedian alat atau dana pengadaan, serta waktu persiapannya
6.      Besar kelas, besar dan jumlah ruangan, jumlah jam pertemuan.

           
Keputusan situasional berkaitan dengan pembuatan keputusan yang dibuat oleh guru sebelum pelajaran dimulai.

Sedangkan keputusan transaksional lebih menekankan pada tindakan selama pelajaran berlangsung yang merupakan penyesuaian terhadap situasi yang muncul dalam kegiatan belajar mengajar dengan mengaitkan pada persiapan pelajaran yang telah dibuat oleh guru.

Guru membuat perencanaan pengajaran suatu bidang studi berdasarkan tuntutan kurikulum dengan memperhatikan kebutuhan-kebutuhan dan minat siswa.

No comments:

Post a Comment