A. Prinsip-prinsip Pemberian Nilai
Kurikulum yang digunakan dalam
pendidikan adalah kurikulum berbasis kompetensi. Untuk itu guru harus
mempersiapkan proses pembelajaran dengan mengembangkan acuan sistem
pembelajaran. Produk persiapan pembelajaran yang dimiliki guru
sekurang-kurangnya adalah berupa :
1. Matriks kompetensi belajar (learning
competency matrik) yang menjamin pengalaman belajar yang terarah dan
2.
Program penilaian otentik berkelanjutan (Contunus
authentic assesment)
Sistem penilaian yang digunakan dalam KBK adalah penilaian kelas otentik
(authentic assesmen) atau disebutkan sebagai penilaian kelas.
Penilaian kelas adalah proses pengumpulan informasi oleh guru tentang
perkembangan dan pencapaian pembelajaran yang dilakukan anak didik melalui
berbagai teknik yang mampu membuktikan, atau menunjukkan secar tepat bahwa
tujuan pembelajaran dan kemampuan (kompetensi) telah benar-benar dikuasai dan
dicapai.
- Tujuan Penilaian kelas
Penilaian kelas hendaknya
diarahkan pada empat tujuan berikut :
1. Penelusuran yaitu bahwa penilaian
bertujuan untuk meneluri agar proses pembelajaran anak didik tetap sesuai
dengan rencana
2. Pengecekan (checking-up) yaitu bahwa
penilaian kelemahan-kelemahan yang dialami anak didik dalam proses pembelajaran
3. Pencarian (Finding – out) yaitu bahwa
penilaian bertujuan untuk mencari dan menemukan hal-hal yang menyebabkan
terjadinya kelemahan dan kesalahan dalam proses pembelajaran
4. Penyimpulan (summing-up) yaitu bahwa
penilaian bertujuan untuk menyimpulkan apakah anak didik telah menguasai
seluruh kompetensi yang ditetapkan dalam kurikulum.
- Fungsi Penilaian Kelas
1. Fungsi motivasi,
Berarti bahwa penilaian yang
dilakukan oleh guru di kelas harus dapat mendorong motivasi siswa untuk belajar
2. Fungsi belajar tuntas
Yaitu penilaian kelas harus
diarahkan untuk memantau ketuntasan belajar siswa
3. Fungsi sebagai indikator efektivitas
pengajaran berarti bahwa disamping untuk memantau kemampuan siswa, penilaian
kelas juga digunakan untuk melihat seberapa jauh proses belajar-mengajar telah
berhasil.
4. Fungsi umpan balik yaitu
Bahwa hasil penilaian harus
dianalisis oleh guru sebagai bahan umpan balik bagi siswa dan guru.
- Prinsip Penilaian Kelas
1. Proses penilaian merupakan bagian dari
pembelajaran
2. Penilaian mencerminkan masalah dunia nyata
3. Menggunakan berbagai ukuran, metode dan
kriteria
4. Penilaian harus bersifat holistic
5. Penilaian kelas mengacu kepada kemapuan
6. Berkelanjutan
7. Didaktis
8. Menggali informasi
9. Melihat yang benar dan yang salah
- Prosedur / Metode Penilaian Kelas
Agar tujuan penilaian dapat
tercapai dengan efektif guru harus menggunakan berbagai metode dan teknik
penilaian yang beragam sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakterisitk
pengalaman belajar yang dialami siswa.
Metode-metode tersebut
meliputi :
1. Penilaian tertulis baik berupa soal
pilihan mapun uraian
2. Tes praktek
3. Penilaian produk
4. Penilaian proyek
5. Peta perkembangan
6. Evaluasi diri siswa
7. Penilaian afektif dan
8. Portofolio
tq gan tulisan.a sangat membantu
ReplyDelete