Saturday, May 5, 2012

PEMBERIAN NILAI DAN TINDAK LANJUT HASIL PENILAIAN



A.    Prinsip-prinsip Pemberian Nilai
Kurikulum yang digunakan dalam pendidikan adalah kurikulum berbasis kompetensi. Untuk itu guru harus mempersiapkan proses pembelajaran dengan mengembangkan acuan sistem pembelajaran. Produk persiapan pembelajaran yang dimiliki guru sekurang-kurangnya adalah berupa :
1.       Matriks kompetensi belajar (learning competency matrik) yang menjamin pengalaman belajar yang terarah dan
2.       Program penilaian otentik berkelanjutan (Contunus authentic assesment)

Sistem penilaian yang digunakan dalam KBK adalah penilaian kelas otentik (authentic assesmen) atau disebutkan sebagai penilaian kelas.

Penilaian kelas adalah proses pengumpulan informasi oleh guru tentang perkembangan dan pencapaian pembelajaran yang dilakukan anak didik melalui berbagai teknik yang mampu membuktikan, atau menunjukkan secar tepat bahwa tujuan pembelajaran dan kemampuan (kompetensi) telah benar-benar dikuasai dan dicapai.

  1. Tujuan Penilaian kelas
Penilaian kelas hendaknya diarahkan pada empat tujuan berikut :
1.      Penelusuran yaitu bahwa penilaian bertujuan untuk meneluri agar proses pembelajaran anak didik tetap sesuai dengan rencana
2.      Pengecekan (checking-up) yaitu bahwa penilaian kelemahan-kelemahan yang dialami anak didik dalam proses pembelajaran
3.      Pencarian (Finding – out) yaitu bahwa penilaian bertujuan untuk mencari dan menemukan hal-hal yang menyebabkan terjadinya kelemahan dan kesalahan dalam proses pembelajaran
4.      Penyimpulan (summing-up) yaitu bahwa penilaian bertujuan untuk menyimpulkan apakah anak didik telah menguasai seluruh kompetensi yang ditetapkan dalam kurikulum.

  1. Fungsi Penilaian Kelas
1.      Fungsi motivasi,
Berarti bahwa penilaian yang dilakukan oleh guru di kelas harus dapat mendorong motivasi siswa untuk belajar
2.      Fungsi belajar tuntas
Yaitu penilaian kelas harus diarahkan untuk memantau ketuntasan belajar siswa
3.      Fungsi sebagai indikator efektivitas pengajaran berarti bahwa disamping untuk memantau kemampuan siswa, penilaian kelas juga digunakan untuk melihat seberapa jauh proses belajar-mengajar telah berhasil.
4.      Fungsi umpan balik yaitu
Bahwa hasil penilaian harus dianalisis oleh guru sebagai bahan umpan balik bagi siswa dan guru.

  1. Prinsip Penilaian Kelas
1.      Proses penilaian merupakan bagian dari pembelajaran
2.      Penilaian mencerminkan masalah dunia nyata
3.      Menggunakan berbagai ukuran, metode dan kriteria
4.      Penilaian harus bersifat holistic
5.      Penilaian kelas mengacu kepada kemapuan
6.      Berkelanjutan
7.      Didaktis
8.      Menggali informasi
9.      Melihat yang benar dan yang salah

  1. Prosedur / Metode Penilaian Kelas
Agar tujuan penilaian dapat tercapai dengan efektif guru harus menggunakan berbagai metode dan teknik penilaian yang beragam sesuai dengan tujuan pembelajaran dan karakterisitk pengalaman belajar yang dialami siswa.

Metode-metode tersebut meliputi :
1.      Penilaian tertulis baik berupa soal pilihan mapun uraian
2.      Tes praktek
3.      Penilaian produk
4.      Penilaian proyek
5.      Peta perkembangan
6.      Evaluasi diri siswa
7.      Penilaian afektif dan
8.      Portofolio

No comments:

Post a Comment