Mata kuliah komputer dan Media
Pembelajaran – IDIK 4403 mempunyai bobot 3 SKS. Sesuai dengan
karakterisitiknya, mata kuliah ini mempunyai fokus pada pengembangan
keterampilan mahasiswa untuk merancang dan menggunakan berbaga media. Oleh karena
itu, format pada modul 9 tidak seperti pada format modul-modul sebelumnya yang
berisikan uraian materi, contoh, latihan dan tes formatif. Format modul 9
berbentuk panduan yang berisi tuntunan kepada mahasiswa untuk mengembangkan dan
mempraktekkan beberapa media. Selain mahasiswa di dorong untuk membuat media 2
dan 3 dimensi, mahasiswa juga diminta untuk memperlihatkan keterampilannya
melalui pengeoprasian word dan internet pada komputer.
Pada akhir semester, setelah
mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan berbagai
media pembelajaran serta menggunakan aplikasi komputer yaitu program word dan
memanfaatkan internet untuk mencari informasi tentang isu pembelajaran.
Khusus untuk mahasiswa program S1 PGSD
FKIP – UT, mata kuliah ini ditunjang oleh tutorial tatap muka yang bersifat
wajib, serta tugas-tugas yang harus dikerjakan karena nilai tugas tersebut
mempunyai pengaruh terhadap nilai akhir mata kuliah ini.
Pada penjabaran isi modul pada
pembelajaran Komputer dan Media Pembelajaran di atas tadi ada beberapa
pesan-pesan ataupun juga permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa terutama
saya sendiri. Adapun pesan-pesan ataupun permasalahan tersebut sangat erat
kaitannya dengan majunya teknologi internet yang sangat pesat, sehingga
program-program serta aplikasi dari modul tersebut sudah tidak sesuai dengan
menu-menu perintah yang ada. Namun demikian dengan bantuan tutor, serta teman
sebaya segala permasalahan dapat diselesaikan sehingga mahasiswa dapat bekerja
sebaik-baiknya.
Adapun beberapa pesan dari saya antara
lain :
- Untuk tugas 1 a, 1b,dan tugas 2 berisi tentang tugas pembuatan poster, pembuatan transparasi, dan media 3 Dimenisi
Mahasiswa dapat
menggunakan media pembelajaran menggunakan barang-barang bekas/ barang yang ada
disekitar kita yang sudah tidak terpakai lagi. Menanggapi tugas tersebut saya
sangat mendukung, karena jika pembelajaran menggunakan media, para peserta
didik sangat antusias dan bisa lebih memudahkan para pendidik untuk proses
pembelajaran. Media pembelajarannya pun menggunakan barang-barang yang sudah
tidak terpakai lagi/bekas. Sehingga dilihat dari segi nilai ekonomis, para
pendidik sudah bisa menghemat uang.
- Untuk tugas 3a, 3b berisi tentang tugas pemanfaatan komputer bagi seorang guru
Dalam dunia pendidikan,
komputer telah digunakan untuk berbagai keperluan antara lain :
1.
Untuk
mengajarkan tentang komputer, sistem komputer itu sendiri misalnya pada jurusan
teknologi informatika
2.
Untuk
mengajarkan berbagai mata pelajaran (subjek) seperti matematika, bahasa dan
fisika. Program komputer yang digunakan untuk mengajarkan subjek tertentu
disebut dengan istilah computer assisted instruction (CAI)
3.
Untuk
keperluan pengelolaan sekolah, misalnya administrasi keuangan, administrasi
siswa dan organisasi.
Melihat pentingnya
penggunaan komputer bagi seorang pendidik dan juga makin pesatnya teknologi
yang menuntut seorang pendidik untuk menguasai teknologi khusunya komputer dan
internet, maka sangatlah penting untuk bisa mendalami mata kuliah ini.
Pesan untuk modul ini
adalah agar modul ini agar direvisi setiap tahunnya, karena sudah tidak sesuai lagi
baik isi, maupun penggunaannya. Khusunya windows, Office, dan internet
explorernya.
Demikianlah pesan-pesan dari saya
mahasiswa UT, semoga bermanfaat dan terimakasih atas perhatiannya.
No comments:
Post a Comment