Saturday, May 19, 2012

Kesan-kesan mengikuti Mata Kuliah Komputer dan Media Pembelajaran


Mata kuliah komputer dan Media Pembelajaran – IDIK 4403 mempunyai bobot 3 SKS. Sesuai dengan karakterisitiknya, mata kuliah ini mempunyai fokus pada pengembangan keterampilan mahasiswa untuk merancang dan menggunakan berbaga media. Oleh karena itu, format pada modul 9 tidak seperti pada format modul-modul sebelumnya yang berisikan uraian materi, contoh, latihan dan tes formatif. Format modul 9 berbentuk panduan yang berisi tuntunan kepada mahasiswa untuk mengembangkan dan mempraktekkan beberapa media. Selain mahasiswa di dorong untuk membuat media 2 dan 3 dimensi, mahasiswa juga diminta untuk memperlihatkan keterampilannya melalui pengeoprasian word dan internet pada komputer.
Pada akhir semester, setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan berbagai media pembelajaran serta menggunakan aplikasi komputer yaitu program word dan memanfaatkan internet untuk mencari informasi tentang isu pembelajaran.
Khusus untuk mahasiswa program S1 PGSD FKIP – UT, mata kuliah ini ditunjang oleh tutorial tatap muka yang bersifat wajib, serta tugas-tugas yang harus dikerjakan karena nilai tugas tersebut mempunyai pengaruh terhadap nilai akhir mata kuliah ini.
Pada penjabaran isi modul pada pembelajaran Komputer dan Media Pembelajaran di atas tadi ada beberapa pesan-pesan ataupun juga permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa terutama saya sendiri. Adapun pesan-pesan ataupun permasalahan tersebut sangat erat kaitannya dengan majunya teknologi internet yang sangat pesat, sehingga program-program serta aplikasi dari modul tersebut sudah tidak sesuai dengan menu-menu perintah yang ada. Namun demikian dengan bantuan tutor, serta teman sebaya segala permasalahan dapat diselesaikan sehingga mahasiswa dapat bekerja sebaik-baiknya.
Adapun beberapa pesan dari saya antara lain :
  1. Untuk tugas 1 a, 1b,dan tugas 2 berisi tentang tugas pembuatan poster, pembuatan transparasi, dan media 3 Dimenisi
Mahasiswa dapat menggunakan media pembelajaran menggunakan barang-barang bekas/ barang yang ada disekitar kita yang sudah tidak terpakai lagi. Menanggapi tugas tersebut saya sangat mendukung, karena jika pembelajaran menggunakan media, para peserta didik sangat antusias dan bisa lebih memudahkan para pendidik untuk proses pembelajaran. Media pembelajarannya pun menggunakan barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi/bekas. Sehingga dilihat dari segi nilai ekonomis, para pendidik sudah bisa menghemat uang.
  1. Untuk tugas 3a, 3b berisi tentang tugas pemanfaatan komputer bagi seorang guru
Dalam dunia pendidikan, komputer telah digunakan untuk berbagai keperluan antara lain :
1.    Untuk mengajarkan tentang komputer, sistem komputer itu sendiri misalnya pada jurusan teknologi informatika
2.    Untuk mengajarkan berbagai mata pelajaran (subjek) seperti matematika, bahasa dan fisika. Program komputer yang digunakan untuk mengajarkan subjek tertentu disebut dengan istilah computer assisted instruction (CAI)
3.    Untuk keperluan pengelolaan sekolah, misalnya administrasi keuangan, administrasi siswa dan organisasi.  
Melihat pentingnya penggunaan komputer bagi seorang pendidik dan juga makin pesatnya teknologi yang menuntut seorang pendidik untuk menguasai teknologi khusunya komputer dan internet, maka sangatlah penting untuk bisa mendalami mata kuliah ini.
Pesan untuk modul ini adalah agar modul ini agar direvisi setiap tahunnya, karena sudah tidak sesuai lagi baik isi, maupun penggunaannya. Khusunya windows, Office, dan internet explorernya.
Demikianlah pesan-pesan dari saya mahasiswa UT, semoga bermanfaat dan terimakasih atas perhatiannya.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment