Sunday, January 13, 2013

Nilai dan sikap serta keterampilan intelektual / kemampuan analisis, personal dan sosial dalam kurikulum IPS SD 2006 Kelas 3 dan 4



A.    Nilai dan sikap dalam kurikulum IPS SD 2006 Kelas 3 dan 4
  Nilai itu bersifat umum dan mempengaruih perilaku seseorang terhadap objek dan orang lain, sedangkan sikap berkenaan dengan hak-hak yang khusus. Suatu nilai merupakan ukuran untuk menentukan apakah itu baik/buruk nilai bersifat utuh dan abstrak.
  Pengajaran nilai memerlukan skill dengan memperhatikan kesesuaian bahan pengajaran dengan kehidupan sehari-hari. Bahan acuan bukan hanya kepada kurikulum yang tertera dalam rancangan formal tetapi juga kepada “Hidden Curriculum” dengan mempertimbangkan pula potensi dan kemampuan anak.
1.      Arti Sikap
   Terdapat berbagai rumusan tentang sikap yang dikemukakan para ahli, disebabkan adanya latara belakang pemikiran dan konsep yang berbeda Thursone dan Rochman Nalawidjaya juga memiliki opini tentang arti sikap.
2.      Kaitan nilai dengan sikap
  Nilai juga dirumuskan secara beragam, dengan landasan berbeda-beda serta tujuan dan disiplin yang berbeda pula. Nilai merupakan konsep dalam ekonomi, filosifi, pendidikan dan bimbingan juga di dalam sosiologi dan geografi serta sejarah. Yang sering terjadi ialah satu sikap disebabakan oleh banyak nilai (values)
  Contoh bukti nilai dan sikap yang dapat dikembangkan dari materi IPS di kelas III dan IV :
Kelas III
1.      Dari topik lingkungan sekitar subtopik : rumah
2.      Kerja sama di lingkungan desa/kelurahan
3.      Jenis-jenis pekerjaan

Kelas IV
Topik dan subtopik yang diambil sebagai contoh :
1.      Pengetahuan membaca peta lingkungan setempat
Subtopik : Kabupaten / kota setempat
2.      Sejarah Lokal
Subtopik : Peninggalan sejarah di lingkungan setempat

B.     Keterampilan intelektual / kemampuan analisis, personal dan sosial dalam kurikulum IPS SD tahun 2006 kelas 3 dan 4
1.      Keterampilan intelektual / kemampuan analisis
Keterampilan intelektual dan kemampuan analisis adalah 2 hal yang tidak dapat dipisahkan. Kemampuan analisis adalah merupakan bagian dari keterampilan intelektual, keterampilan dan kemampuan ini antara lain meliputi hal-hal berikut ini yaitu keterampilan :
a.       Untuk memperoleh pengetahuan dan informasi
b.      Berfikir
c.       Mengkritik informasi dan membedakan fakta /opini
d.      Membuat dan mengambil keputusan dengan profesional
e.       Memecahkan masalah
f.       Menggunakan media
2.      Keterampilan Personal
a.       Keterampilan psikomotor (praktis)
b.      Keterampilan studi dan kebiasaan kerja
c.       Keterampilan bekerja dalam kelompok
d.      Keterampilan akademik
e.       Keterampilan lainya seperti : keterampilan fisik, politik dan emosional

3.      Keterampilan sosial
Meliputi kehidupan dan kerjasama belajar memberi dan menerima tanggung jawab, menghormati hak-hak orang lain membina kesadaran sosial.
Latihan dan pembinaan pada proses belajar mengajar antara lain :
1.      Berdiskusi dengan teman
2.      Bertanya kepada siapapun
3.      Menjawab pertanyaan orang lain
4.      Menjelaskan kepada orang lain
5.      Membuat laporan
6.      Memerankan sesuatu
7.      Dan seterusnya (Belen dan kawan-kawan)
Penyusun


Dewi Erlina C.
 
Di samping itu guru harus bisa mendorong siswa untuk lebih gemar membaca, mencari dan mengelola informasi sesuai dengan kemampuannya . dan murid dapat berfikir kritis terhadap apa yang mereka dapat.

No comments:

Post a Comment