Sunday, January 13, 2013

VARIASI STRATEGI SEBAGAI PENDEKATAN DALAM PEMBELAJARAN


Guru bukan hanya penyebar pengetahuan kepada siswa melainkan sebagai penggerak siswa untuk mampu mendidik dirinya sendiri serta memegang peranan penting dalam merancang maupun melaksanakan pembelajaran dalam usaha pencapaian tujuan pendidikan.

Siswa belajar secara aktif disertai dengan penggunakan media pembelajaran yang baik dan tepat, akan menentukan lancarnya proses belajar mengajar. Proses belajar dan pembelajaran dikatakain baik, bila proses itu telah mampu mencapai tujuan  yang telah digariskan dalam kurikulum. Untuk mencapai tujuan diperlukan perencanaan yang seksama dan sistematis, dapat dilaksanakan secara realistis sehingga mencapai prestasi belajar yang optimal. Guru adalah orang yang diberi kepercayaan untuk mencitapakan suasana kelas agar pembnelajaran dapat berprestasi.

Seorang guru di kelas hendaknya tampil sebagai sosok yang menarik, memotivasi siswa untuk berprestasi, dapat merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang memerlukan jawaban secara kreatif, imajinatif, hipotesis dan sintetik. Salah satu cara diantaranya melalui pembelajaran yang menekankan pentingnya cara belajar siswa aktif. Guru SD sebagai guru kelas selalu dituntut menguasai pengetahuan yang luas mengenai beberapa mata pelajaran dan sejumlah keterampilan profesional pembelajaran. Apalagi dengan adanya program sertifikasi guru sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Guru harus memiliki kompetensi pedagogis, kompetensi pribadi, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional.

No comments:

Post a Comment