Peristiwa,
Fakta, Konsep, Generalisasi Ilmu-Ilmu Sosial dalam Kurikulum SD 2006 Kelas 3
dan 4
Ruang
lingkup esensi materi dari mata pelajaran IPS meliputi asptk-aspek; geografi,
sejarah,sosiologi, ekonomi. Keempat aspek tersebut tentunya diambil atau dikaji
dari pengalaman sebuah peristiwa. Peristiwa atau kabar berita yang terjadi dan
menyangkut pada aktivitas kehidupan manusia di masyarakat serta tidak jelas
asal usulnya, dan masih berupa desas-desus atau kabar angin diartikan sebagai isu sosial.
Perkembangan
ilmu-ilmu sosial dan ilmu-ilmu pengetahuan alam disdasari oleh pengungkapan
fakta dan data yang selanjutnya sampai kepada konsep, generalisasi, teori dan
hukum.
A.
Peristiwa
Peristiwa atau kejadian adalah hal-hal yang pernah terjadi, peristiwa
merupakan suatu kejadian yang benar-benar dan pernah terjadi, tetapi masih
perlu dibuktikan kebenarannya, peristiwa ada yang bersifat alamiah dan
insaniah; peristiwa yang bersifat alamiah, seperti banjir, tsunami, gempa bumi
dan sebagainya. Peristiwa yang bersifat insaniah, seperti pemilu, pembangunan
jembatan, krisis moneter.
B.
Fakta
Peristiwa atau kejadian yan telah diuji dan diketahui kebenarannya
disebut fakta, fakta merupakan hasil dari observasi yang bisa dibuktikan secara
empiris dan real.
Menurut Banks (1985:85) fakta merupakan pernyataan positif dan rumusan
sederhana. Pengetahuan yang hanya bertumpu kepada fakta akan sangat terbatas
sebab :
1. Kemampuan kita mengingat sangat terbatas
2. Fakta bisa berubah setiap waktu
3. Fakta hanya berkenaan dengan situas khusus
C Konsep
Konsep adalah suatu istilah, pengungkapan abstrak yang digunakan untuk
tujuan mengklasifikasikan atau mengkategorikan suatu kelompok dari suatu
(benda), gagasan atau peristiwa.
Konsep dapat dipelajari dengna efektif jika disertai dengan mengemukakan
sejumlah contoh yang positif.
D Generalisasi
Menurut Schuneke (1988:16) generelisasi merupakan absraksi dan sengat
terikat konsep. Untuk memahami generalisasi diperlukan paling sedikit 2 konsep;
bisa dari satu disiplin ilmu sosial atau dari disiplin ilmu sosial yang
berbeda.
Pengajaran ilmu pengetahuan sosial apda SD kelas III antara lain dengan
1. Menceritakan lingkungan alam sekitar
2. Membuat denah dan peta dengan bekerja sama
Pengajaran ilmu pengetahuan sosial pada SD kelas IV antara lain dengan ;
1. Membaca peta lingkungan
2. Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya
alam
3. Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya
E Aspek-aspek
IPS dan konsep dasarnya
1. Sosiologi
Sosiologi memiliki konsep-konsep dasar antara lain ; sosialisasi,
peranan norma dan sanksi, nilai (values), gerakan sosial, masyarakat
2. Ekonomi
Konsep – konsep dasar ekonomi antara lain; kelangkaan, produksi, saling
ketergantungan, pembagian kerja
3. Geografi
Konsep-konsep dasarnya antara lain; lokasi, interaksi spasial, pola
spasial kota,
difusi kebudayaan.
4. Sejarah
Konsep-konsep dasarnya antara lain; kontinuitas dan perubahan, waktu
lampau, kerjasama konflik, nasionalisme.
Dalam memilih konsep taba (dalam Banks 1985:43) menyebutkan kriteria
berikut :
1. Validity :
konsep yang tepat
2. Significance :
Bermakna
3. Appropriatences : Kelayakan atau pantas
4. Durability :
tahan lama
5. Balance :
Seimbang
Nilai
dan sikap serta keterampilan intelektual / kemampuan analisis, personal dan
sosial dalam kurikulum IPS SD 2006 Kelas 3 dan 4.
A.
Nilai dan sikap dalam kurikulum IPS SD
2006 Kelas 3 dan 4
Nilai itu bersifat umum dan mempengaruih perilaku seseorang terhadap
objek dan orang lain, sedangkan sikap berkenaan dengan hak-hak yang khusus.
Suatu nilai merupakan ukuran untuk menentukan apakah itu baik/buruk nilai
bersifat utuh dan abstrak.
Pengajaran nilai memerlukan skill dengan memperhatikan kesesuaian bahan
pengajaran dengan kehidupan sehari-hari. Bahan acuan bukan hanya kepada
kurikulum yang tertera dalam rancangan formal tetapi juga kepada “Hidden
Curriculum” dengan mempertimbangkan pula potensi dan kemampuan anak.
1. Arti Sikap
Terdapat berbagai rumusan tentang sikap yang dikemukakan para ahli,
disebabkan adanya latara belakang pemikiran dan konsep yang berbeda Thursone
dan Rochman Nalawidjaya juga memiliki opini tentang arti sikap.
2. Kaitan nilai dengan sikap
Nilai juga dirumuskan secara beragam, dengan landasan berbeda-beda serta
tujuan dan disiplin yang berbeda pula. Nilai merupakan konsep dalam ekonomi,
filosifi, pendidikan dan bimbingan juga di dalam sosiologi dan geografi serta
sejarah. Yang sering terjadi ialah satu sikap disebabakan oleh banyak nilai
(values)
Contoh bukti nilai dan sikap yang dapat dikembangkan dari materi IPS di
kelas III dan IV :
Kelas III
1. Dari topik lingkungan sekitar subtopik : rumah
2. Kerja sama di lingkungan desa/kelurahan
3. Jenis-jenis pekerjaan
Kelas IV
Topik dan subtopik yang diambil
sebagai contoh :
1. Pengetahuan membaca peta lingkungan setempat
Subtopik : Kabupaten / kota setempat
2. Sejarah Lokal
Subtopik : Peninggalan sejarah di
lingkungan setempat
B.
Keterampilan intelektual / kemampuan analisis,
personal dan sosial dalam kurikulum IPS
SD tahun 2006 kelas 3 dan 4
1. Keterampilan intelektual / kemampuan analisis
Keterampilan intelektual dan
kemampuan analisis adalah 2 hal yang tidak dapat dipisahkan. Kemampuan analisis
adalah merupakan bagian dari keterampilan intelektual, keterampilan dan
kemampuan ini antara lain meliputi hal-hal berikut ini yaitu keterampilan :
a. Untuk memperoleh pengetahuan dan informasi
b. Berfikir
c. Mengkritik informasi dan membedakan fakta
/opini
d. Membuat dan mengambil keputusan dengan
profesional
e. Memecahkan masalah
f. Menggunakan media
2. Keterampilan Personal
a. Keterampilan psikomotor (praktis)
b. Keterampilan studi dan kebiasaan kerja
c. Keterampilan bekerja dalam kelompok
d. Keterampilan akademik
e. Keterampilan lainya seperti : keterampilan
fisik, politik dan emosional
3. Keterampilan sosial
Meliputi kehidupan dan kerjasama
belajar memberi dan menerima tanggung jawab, menghormati hak-hak orang lain
membina kesadaran sosial.
Latihan dan pembinaan pada proses
belajar mengajar antara lain :
1. Berdiskusi dengan teman
2. Bertanya kepada siapapun
3. Menjawab pertanyaan orang lain
4. Menjelaskan kepada orang lain
5. Membuat laporan
6. Memerankan sesuatu
7. Dan seterusnya (Belen dan kawan-kawan)
|
Kegiatan Belajar 3
Contoh
keterkaitan antara peristiwa, fakta, konsep, generalisasi, nilai, sikap dan
keterampilan intelektual, personal sosial dalam konteks pendidikan IPS SD
kelas 3 dan 4.
Dalam
pengajaran IPS kita harus mengembangkan dan membangkitkan minat dan sikap
positif serta aktivitas siswa. Dalam artian di dalam penyajiannya seorang
pendidik harus mengetahui kemampuan anak didik dan kemampuan berfikirnya.
Dalam
penyajiannya seorang guru mempersiapkan isi materi secara terperinci disertai
contoh-contoh dan gambaran-gambaran yang berkaitan dengan peristiwa, fakta
konsep dan generalisasi.
Penyusun
NGADISO
1 Keterampilan yang harus dimiliki siswa didik kecuali :
1 Keterampilan yang harus dimiliki siswa didik kecuali :
a. keterampilan
intelektual c.
keterampilan personal
b. keterampilan
mengarang d.
keterampilan sosial
2 Nilai
merupakan konsep yang terdapat dalam ….
a. antropologi c.
ekonomi
b. biologi d.
intelektual
3 Nilai
memilki pengertian yang luas, kecuali nilai yan bersifat ….
a. umum c.
abstrak
b. utuh d.
nyata
4 Keterampilan
sosial lebih mengutamakan hubungan baik interpesonal kecuali …
a. bertindak
mengikuti emosi c.
menghormati hak-hak orang lain
b. dapat
bekerjasama d.
memahami orang lain
5 Mitos
tidak dapat dijadikan fakta sejarah karena tidak …
a. ada
perkembangan c.
ada keterampilan
b. teruji
kebenarannya d.
ada berisi pengalaman
6 Yang
termasuk nilai sosiologi, kecuali
a. kasih sayang c.
rukun dengan sesama
b. berdaya guna d. setia kawan
7 Nilai
yang dapat diraih dari pembelajaran materi sejarah yaitu …
a. mencari fakta c. jujur
b. cermat d.
intelektual
8 Keterampilan dasar yang fundamental bagi
upaya perkembangan kualitas SDM, kecuali pembinaan ….
a. akademik c.
keterampilan belajar
b. aspek
personal d.
informasi
9 Yang
termasuk nilai sosiologis, atntara lain kecuali :
a. setia kawan c.
berdaya guna
b. kasih sayang d.
rukun dengan sesama
10 Mitos
tidak dapat dijadiikan fakta sejarah sebab tidak….
a. ada
keterampilan c.
ada perkmebangan
b. teruji
kebenarannya d.
ada berisi pengalaman
11 Pendekatan CBSA erat kaitannya dengan
pencapaian aspek keterampilan intelektual, kecuali siswa ….
a. boleh
mengemukakan pendapatnya c.
diikutsertakan dalam proses belajar mengajar
b. boleh memilih
bahan disukusi d. harus
mengadakan persiapan diri
12 Keterampilana dasar ynag fundamental bagi
upaya pengembangan kualitas SDM, kecuali pembinaan ….
a. aspek
personal c.
keterampilan belajar
b. informasi d.
akademik
13 Nilai-nilai
yang dapat diraih dari pembelajaran materi sejarah antara lain adalah …..
a. intelektual c.
cermat
b. jujur d.
mencari fakta
14 Kejadian
yang benar-benar terjadi, tetapi masih perlu dibuktikan kebenarannya disebut
a. fakta c.
peristiwa
b. konsep d.
generalisasi
15 Ilmu
pengetahuan sosial memiliki kegunaan praktis yang sangat berguna bagi siswa;kecuali
dapat :
a. mengembangkan
pengetahuan c. mengembangkan
konsep IPS
b. mengembangkan
keterampilan dasar d. mengembangkan
pemahaman dan pengertian
16 Fakta dan kenyataan adalah lama dimana
keduanya mempunyai kebudayaan bahwa fakta adalah …
a. batasan ilmu c.
pembuktian secara acak
b. merupakan
pengamatan atas kenyataan d. kenyataan
hanya dengan teori
17 Generalisasi
memiliki karakteristik, yaitu bahwa generalisassi merupakan ;
a. hubungan
antara teori dan kenyataan c. hubungan
antara disiplin ilmu
b. gabungan
antara 3 teori d.
abstrak dan terikat pada konsep
18 Konsep
masyarkat memiliki pengertian luas, yaitu ….
a. Unit yang
keanggotaannya bersifat utuh dan teritegrasi
b. Konsep bersifat
abstrak atau simbolik
c. Suatu
kelompok keluarga dalam arti luas
d. Suatu
keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, anak
19 Menurut Taba (dalam Banks 1985: 43)
menyebutkan kriteria pemilihan konsep antara lain, kecuali :
a.
validity/tepat c.
barbance / seimbang
b.
durability/tahan lama d.
sosiolisasi
20 Pembagian kerja dalam masyarkat dan dasar
pembentukan kerjasama dalam masyarakat bertujuan
untuk ;
a. Perilaku,
tradisi, kebudayaan mempunyai pola yang sama
b. Semua anggota
melakukan perananya sesuai tugasnya
c. Pembagian
kerjasa sesuai dengan lingkungan
d. Komunikasi terjadi
diantara sesama anggota
Kunci Jawaban
1
|
B
|
11
|
D
|
2
|
C
|
12
|
B
|
3
|
D
|
13
|
D
|
4
|
A
|
14
|
C
|
5
|
C
|
15
|
C
|
6
|
B
|
16
|
B
|
7
|
A
|
17
|
D
|
8
|
D
|
18
|
A
|
9
|
C
|
19
|
D
|
10
|
A
|
20
|
B
|
Sangat bermanfaat mas 👍
ReplyDeleteAlhamdulillah, ....nambah soal 2 buat latihan
ReplyDelete