Friday, May 11, 2012

ESENSI KURIKULUM IPS SD TAHUN 2006 KELAS 3 DAN 4



Peristiwa, Fakta, Konsep, Generalisasi Ilmu-Ilmu Sosial dalam Kurikulum SD 2006 Kelas 3 dan 4

  Ruang lingkup esensi materi dari mata pelajaran IPS meliputi asptk-aspek; geografi, sejarah,sosiologi, ekonomi. Keempat aspek tersebut tentunya diambil atau dikaji dari pengalaman sebuah peristiwa. Peristiwa atau kabar berita yang terjadi dan menyangkut pada aktivitas kehidupan manusia di masyarakat serta tidak jelas asal usulnya, dan masih berupa desas-desus atau kabar angin diartikan  sebagai isu sosial.
  Perkembangan ilmu-ilmu sosial dan ilmu-ilmu pengetahuan alam disdasari oleh pengungkapan fakta dan data yang selanjutnya sampai kepada konsep, generalisasi, teori dan hukum.




A.    Peristiwa
  Peristiwa atau kejadian adalah hal-hal yang pernah terjadi, peristiwa merupakan suatu kejadian yang benar-benar dan pernah terjadi, tetapi masih perlu dibuktikan kebenarannya, peristiwa ada yang bersifat alamiah dan insaniah; peristiwa yang bersifat alamiah, seperti banjir, tsunami, gempa bumi dan sebagainya. Peristiwa yang bersifat insaniah, seperti pemilu, pembangunan jembatan, krisis moneter.

B.           Fakta
  Peristiwa atau kejadian yan telah diuji dan diketahui kebenarannya disebut fakta, fakta merupakan hasil dari observasi yang bisa dibuktikan secara empiris dan real.
  Menurut Banks (1985:85) fakta merupakan pernyataan positif dan rumusan sederhana. Pengetahuan yang hanya bertumpu kepada fakta akan sangat terbatas sebab :
1.      Kemampuan kita mengingat sangat terbatas
2.      Fakta bisa berubah setiap waktu
3.      Fakta hanya berkenaan dengan situas khusus
 
 
C      Konsep
  Konsep adalah suatu istilah, pengungkapan abstrak yang digunakan untuk tujuan mengklasifikasikan atau mengkategorikan suatu kelompok dari suatu (benda), gagasan atau peristiwa.
  Konsep dapat dipelajari dengna efektif jika disertai dengan mengemukakan sejumlah contoh yang positif.

D      Generalisasi
  Menurut Schuneke (1988:16) generelisasi merupakan absraksi dan sengat terikat konsep. Untuk memahami generalisasi diperlukan paling sedikit 2 konsep; bisa dari satu disiplin ilmu sosial atau dari disiplin ilmu sosial yang berbeda.
  Pengajaran ilmu pengetahuan sosial apda SD kelas III antara lain dengan
1.      Menceritakan lingkungan alam sekitar
2.      Membuat denah dan peta dengan bekerja sama
  Pengajaran ilmu pengetahuan sosial pada SD kelas IV antara lain dengan ;
1.      Membaca peta lingkungan
2.      Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam
3.      Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya
 E Aspek-aspek IPS dan konsep dasarnya
1.      Sosiologi
  Sosiologi memiliki konsep-konsep dasar antara lain ; sosialisasi, peranan norma dan sanksi, nilai (values), gerakan sosial, masyarakat
2.      Ekonomi
  Konsep – konsep dasar ekonomi antara lain; kelangkaan, produksi, saling ketergantungan, pembagian kerja
3.      Geografi
  Konsep-konsep dasarnya antara lain; lokasi, interaksi spasial, pola spasial kota, difusi kebudayaan.
4.      Sejarah
  Konsep-konsep dasarnya antara lain; kontinuitas dan perubahan, waktu lampau, kerjasama konflik, nasionalisme.
  Dalam memilih konsep taba (dalam Banks 1985:43) menyebutkan kriteria berikut :
1.      Validity                     : konsep yang tepat
2.      Significance               : Bermakna
3.      Appropriatences        : Kelayakan atau pantas
4.      Durability                  : tahan lama
5.      Balance                      : Seimbang


Nilai dan sikap serta keterampilan intelektual / kemampuan analisis, personal dan sosial dalam kurikulum IPS SD 2006 Kelas 3 dan 4.

A.    Nilai dan sikap dalam kurikulum IPS SD 2006 Kelas 3 dan 4
  Nilai itu bersifat umum dan mempengaruih perilaku seseorang terhadap objek dan orang lain, sedangkan sikap berkenaan dengan hak-hak yang khusus. Suatu nilai merupakan ukuran untuk menentukan apakah itu baik/buruk nilai bersifat utuh dan abstrak.
  Pengajaran nilai memerlukan skill dengan memperhatikan kesesuaian bahan pengajaran dengan kehidupan sehari-hari. Bahan acuan bukan hanya kepada kurikulum yang tertera dalam rancangan formal tetapi juga kepada “Hidden Curriculum” dengan mempertimbangkan pula potensi dan kemampuan anak.
1.      Arti Sikap
   Terdapat berbagai rumusan tentang sikap yang dikemukakan para ahli, disebabkan adanya latara belakang pemikiran dan konsep yang berbeda Thursone dan Rochman Nalawidjaya juga memiliki opini tentang arti sikap.
2.      Kaitan nilai dengan sikap
  Nilai juga dirumuskan secara beragam, dengan landasan berbeda-beda serta tujuan dan disiplin yang berbeda pula. Nilai merupakan konsep dalam ekonomi, filosifi, pendidikan dan bimbingan juga di dalam sosiologi dan geografi serta sejarah. Yang sering terjadi ialah satu sikap disebabakan oleh banyak nilai (values)
  Contoh bukti nilai dan sikap yang dapat dikembangkan dari materi IPS di kelas III dan IV :
Kelas III
1.      Dari topik lingkungan sekitar subtopik : rumah
2.      Kerja sama di lingkungan desa/kelurahan
3.      Jenis-jenis pekerjaan

Kelas IV
Topik dan subtopik yang diambil sebagai contoh :
1.      Pengetahuan membaca peta lingkungan setempat
Subtopik : Kabupaten / kota setempat
2.      Sejarah Lokal
Subtopik : Peninggalan sejarah di lingkungan setempat

B.     Keterampilan intelektual / kemampuan analisis, personal dan sosial dalam kurikulum IPS SD tahun 2006 kelas 3 dan 4
1.      Keterampilan intelektual / kemampuan analisis
Keterampilan intelektual dan kemampuan analisis adalah 2 hal yang tidak dapat dipisahkan. Kemampuan analisis adalah merupakan bagian dari keterampilan intelektual, keterampilan dan kemampuan ini antara lain meliputi hal-hal berikut ini yaitu keterampilan :
a.       Untuk memperoleh pengetahuan dan informasi
b.      Berfikir
c.       Mengkritik informasi dan membedakan fakta /opini
d.      Membuat dan mengambil keputusan dengan profesional
e.       Memecahkan masalah
f.       Menggunakan media
2.      Keterampilan Personal
a.       Keterampilan psikomotor (praktis)
b.      Keterampilan studi dan kebiasaan kerja
c.       Keterampilan bekerja dalam kelompok
d.      Keterampilan akademik
e.       Keterampilan lainya seperti : keterampilan fisik, politik dan emosional

3.      Keterampilan sosial
Meliputi kehidupan dan kerjasama belajar memberi dan menerima tanggung jawab, menghormati hak-hak orang lain membina kesadaran sosial.
Latihan dan pembinaan pada proses belajar mengajar antara lain :
1.      Berdiskusi dengan teman
2.      Bertanya kepada siapapun
3.      Menjawab pertanyaan orang lain
4.      Menjelaskan kepada orang lain
5.      Membuat laporan
6.      Memerankan sesuatu
7.      Dan seterusnya (Belen dan kawan-kawan)
Penyusun


Dewi Erlina C.
 
Di samping itu guru harus bisa mendorong siswa untuk lebih gemar membaca, mencari dan mengelola informasi sesuai dengan kemampuannya . dan murid dapat berfikir kritis terhadap apa yang mereka dapat.
Kegiatan Belajar 3

Contoh keterkaitan antara peristiwa, fakta, konsep, generalisasi, nilai, sikap dan keterampilan intelektual, personal sosial dalam konteks pendidikan IPS SD kelas 3 dan 4.

  Dalam pengajaran IPS kita harus mengembangkan dan membangkitkan minat dan sikap positif serta aktivitas siswa. Dalam artian di dalam penyajiannya seorang pendidik harus mengetahui kemampuan anak didik dan kemampuan berfikirnya.
  Dalam penyajiannya seorang guru mempersiapkan isi materi secara terperinci disertai contoh-contoh dan gambaran-gambaran yang berkaitan dengan peristiwa, fakta konsep dan generalisasi.



Penyusun



NGADISO
1    Keterampilan yang harus dimiliki siswa didik kecuali :
a. keterampilan intelektual                        c. keterampilan personal
b. keterampilan mengarang                       d. keterampilan sosial
2    Nilai merupakan konsep yang terdapat dalam ….
a. antropologi                                            c. ekonomi
b. biologi                                                   d. intelektual
3    Nilai memilki pengertian yang luas, kecuali nilai yan bersifat ….
a. umum                                                    c. abstrak
b. utuh                                                      d. nyata
4    Keterampilan sosial lebih mengutamakan hubungan baik interpesonal kecuali …
a. bertindak mengikuti emosi                   c. menghormati hak-hak orang lain
b. dapat bekerjasama                                d. memahami orang lain
5    Mitos tidak dapat dijadikan fakta sejarah karena tidak …
a. ada perkembangan                                c. ada keterampilan
b. teruji kebenarannya                              d. ada berisi pengalaman
6    Yang termasuk nilai sosiologi, kecuali
a. kasih sayang                                          c. rukun dengan sesama
b. berdaya guna                                        d. setia kawan
7    Nilai yang dapat diraih dari pembelajaran materi sejarah yaitu …
a. mencari fakta                                        c. jujur
b. cermat                                                   d. intelektual
8   Keterampilan dasar yang fundamental bagi upaya perkembangan kualitas SDM, kecuali   pembinaan ….
a. akademik                                              c. keterampilan belajar
b. aspek personal                                      d. informasi
9    Yang termasuk nilai sosiologis, atntara lain kecuali :
a. setia kawan                                           c. berdaya guna
b. kasih sayang                                         d. rukun dengan sesama
10  Mitos tidak dapat dijadiikan fakta sejarah sebab tidak….
a. ada keterampilan                                   c. ada perkmebangan
b. teruji kebenarannya                              d. ada berisi pengalaman
11  Pendekatan CBSA erat kaitannya dengan pencapaian aspek keterampilan intelektual, kecuali siswa ….
a. boleh mengemukakan pendapatnya  c. diikutsertakan dalam proses belajar mengajar
b. boleh memilih bahan disukusi           d. harus mengadakan persiapan diri
12  Keterampilana dasar ynag fundamental bagi upaya pengembangan kualitas SDM, kecuali pembinaan ….
a. aspek personal                                       c. keterampilan belajar
b. informasi                                               d. akademik
13  Nilai-nilai yang dapat diraih dari pembelajaran materi sejarah antara lain adalah …..
a. intelektual                                             c. cermat
b. jujur                                                      d. mencari fakta
14   Kejadian yang benar-benar terjadi, tetapi masih perlu dibuktikan kebenarannya disebut
a. fakta                                                      c. peristiwa
b. konsep                                                  d. generalisasi
15 Ilmu pengetahuan sosial memiliki kegunaan praktis yang sangat berguna bagi siswa;kecuali dapat :
a. mengembangkan pengetahuan              c. mengembangkan konsep IPS
b. mengembangkan keterampilan dasar    d. mengembangkan pemahaman dan pengertian
16  Fakta dan kenyataan adalah lama dimana keduanya mempunyai kebudayaan bahwa fakta adalah …
a. batasan ilmu                                                c. pembuktian secara acak
b. merupakan pengamatan atas kenyataan      d. kenyataan hanya dengan teori
17  Generalisasi memiliki karakteristik, yaitu bahwa generalisassi merupakan ;
a. hubungan antara teori dan kenyataan   c. hubungan antara disiplin ilmu
b. gabungan antara 3 teori                        d. abstrak dan terikat pada konsep
18  Konsep masyarkat memiliki pengertian luas, yaitu ….
a. Unit yang keanggotaannya bersifat utuh dan teritegrasi         
b. Konsep bersifat abstrak atau simbolik
c. Suatu kelompok keluarga dalam arti luas
d. Suatu keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, anak 
19  Menurut Taba (dalam Banks 1985: 43) menyebutkan kriteria pemilihan konsep antara lain, kecuali :
a. validity/tepat                                         c. barbance / seimbang
b. durability/tahan lama                            d. sosiolisasi
20  Pembagian kerja dalam masyarkat dan dasar pembentukan kerjasama dalam masyarakat  bertujuan untuk  ;
a. Perilaku, tradisi, kebudayaan mempunyai pola yang sama
b. Semua anggota melakukan perananya sesuai tugasnya
c. Pembagian kerjasa sesuai dengan lingkungan
d. Komunikasi terjadi diantara sesama anggota

Kunci Jawaban
1
B
11
D
2
C
12
B
3
D
13
D
4
A
14
C
5
C
15
C
6
B
16
B
7
A
17
D
8
D
18
A
9
C
19
D
10
A
20
B


No comments:

Post a Comment