Saturday, May 5, 2012

ANALISIS DAN PERBAIKAN INSTRUMEN



A.    Mengapa analisis butir soal penting ?
Menurut Nitko (1983) analisis butir soal menggambarkan suatu proses pengamblan data dan penggunaan informasi tentang tiap-tiap butir soal terutama informasi tentang respon siswa terhadap setiap butir soal.
Arti penting penggunaan analisis butri soal
  1. Untuk mengetahi apakah butir soal yang disusun sudah berfungsi sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh penyusun soal
  2. Sebagai umpan balik bagi siswa untuk mengetahui kemampuan mereka dalam menguasai suatu materi
  3. Sebagai umpan balik bagi anda sendiri sebagai guru untuk mengethaui kesulitan yang dialami siswa dalam memahami suatu materi
  4. Sebagai acuan untuk merivis soal
  5. Untuk memperbaiki kemampuan anda dalam menulis soal

B.     Kapan Analisis Butir Soal dilakukan ?
Tingkat kesukaran atau daya beda butir-butri soal adalah :
1.      Tingkat kesukaran butir soal
Tingkat kesukaran merupakan salah satu karakteristik yang dapat menunjukkan kualitas butir soaltersebut apakah termasuk mudah, sedang atau sukar
Butir soal dikatakan mudah jika sebagian besar siswa dapat menjawab dengan benar dan dikatakan sukar jika sebagian besar siswa tidak dapat menjawab dengan benar.

2.      Daya Beda
Daya beda butir soal memiliki pengertian seberapa jauh butir soal tersebut dapat membedakan kemampuan individu peserta tes. Butir soal di dukung potensi daya beda yang baik, akan mampu membedakan peserta didik yang memiliki kemampuan tinggi (pandai) dengan peserta didik yan memiliki kemampuan rendah (kurang pandai)

C.     Bagaimana Cara Melakukan Analisis secara sederhana ?
Langkah-langkah dalam menganalisis butir soal adalah :
1.      Hitunglah jumlah jawaban yang benar untuk seluruh siswa
2.      Berdasarkan jumlah jawaban yang benar dari seluruh siswa tersebut disusun dari skor tertinggi ke skor terendah
3.      Berdasarkan urutan skor tersebut tentukan siswa yang termasuk dalam kelompok atas dan siswa yang termasuk ke dalam kelompok bawah.
4.      Hitunglah jumlah siswa dalam kelompok atas yang memilih tiap-tiap alternatif jawaban yang disediakan.
5.      Dengan cara yang sama menghitung jumlah siswa dalam kelompok.
6.      Hitung jumlah seluruh peserta tes yang menjawab benar
7.      Hitungtingkat kesukaran butir soal dengan rumus

D.    Bagaimana Mengalisis tes Uraian ?
Cara menganalisis tes uraian diberikan oleh Whitney
1.      Tentukan jumlah siswa yang termasuk dalam kelompok atas 25 % dan bawah 25%
2.      Hitunglah jumlah skor kelompok atas dan jumlah skor kelompok bawah
3.      Hitung tingkat kesukaran dan daya beda setiap butir soal

E.     Bagaimana Memperbaiki Butir Soal ?
Yang perlu diperhatikan dalam memperbaiki butri soal adalah :
1.      Perhatikan tingkat kesukaran butir soal
2.      Perhatikan daya beda butir soal

Sudah barang tentu untuk mengetahui apakah hasil perbaikan butir soal tersebut memberikan hasil yang lebih baik atau tidak, baru diketahui jika sudah diujikan.

F.      Bagaimana Memperbaiki Non-Tes ?
Prosedur memperbaiki instrument non tes sama dengan prosedur memperbaiki tes.
Dari hasil analisis dengan mudah akan memperoleh informasi yang jelas mengenai kualitas instrumen. Seperti validitas dan reliabilitas tes serta kualitas butir per butir dari instrumen tersebut.

Penyebab butir soal kurang baik antara lain :
1.      Penggunaan bahasa kurang komunikatif
2.      Kalimat bersifat ambiguos (dapat ditafsirkan
3.      Pertanyaan atau pernyataan yang dibuat menyimpang dari indikator
4.      Pertanyaan atau pernyataan tidak mengukur trait (sifat) yang akan diukur

No comments:

Post a Comment