A.
Mengapa analisis butir soal penting ?
Menurut Nitko (1983) analisis butir soal menggambarkan suatu proses
pengamblan data dan penggunaan informasi tentang tiap-tiap butir soal terutama
informasi tentang respon siswa terhadap setiap butir soal.
Arti penting penggunaan analisis butri soal
- Untuk mengetahi apakah butir soal yang disusun sudah berfungsi sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh penyusun soal
- Sebagai umpan balik bagi siswa untuk mengetahui kemampuan mereka dalam menguasai suatu materi
- Sebagai umpan balik bagi anda sendiri sebagai guru untuk mengethaui kesulitan yang dialami siswa dalam memahami suatu materi
- Sebagai acuan untuk merivis soal
- Untuk memperbaiki kemampuan anda dalam menulis soal
B.
Kapan Analisis Butir Soal dilakukan ?
Tingkat kesukaran atau daya
beda butir-butri soal adalah :
1. Tingkat kesukaran butir soal
Tingkat
kesukaran merupakan salah satu karakteristik yang dapat menunjukkan kualitas
butir soaltersebut apakah termasuk mudah, sedang atau sukar
Butir soal
dikatakan mudah jika sebagian besar siswa dapat menjawab dengan benar dan
dikatakan sukar jika sebagian besar siswa tidak dapat menjawab dengan benar.
2. Daya Beda
Daya beda butir soal memiliki
pengertian seberapa jauh butir soal tersebut dapat membedakan kemampuan
individu peserta tes. Butir soal di dukung potensi daya beda yang baik, akan
mampu membedakan peserta didik yang memiliki kemampuan tinggi (pandai) dengan
peserta didik yan memiliki kemampuan rendah (kurang pandai)
C. Bagaimana Cara Melakukan Analisis secara
sederhana ?
Langkah-langkah dalam
menganalisis butir soal adalah :
1. Hitunglah jumlah jawaban yang benar untuk
seluruh siswa
2. Berdasarkan jumlah jawaban yang benar dari
seluruh siswa tersebut disusun dari skor tertinggi ke skor terendah
3. Berdasarkan urutan skor tersebut tentukan
siswa yang termasuk dalam kelompok atas dan siswa yang termasuk ke dalam
kelompok bawah.
4. Hitunglah jumlah siswa dalam kelompok atas
yang memilih tiap-tiap alternatif jawaban yang disediakan.
5. Dengan cara yang sama menghitung jumlah
siswa dalam kelompok.
6. Hitung jumlah seluruh peserta tes yang
menjawab benar
7. Hitungtingkat kesukaran butir soal dengan
rumus
D. Bagaimana Mengalisis tes Uraian ?
Cara menganalisis tes uraian
diberikan oleh Whitney
1. Tentukan jumlah siswa yang termasuk dalam
kelompok atas 25 % dan bawah 25%
2. Hitunglah jumlah skor kelompok atas dan
jumlah skor kelompok bawah
3. Hitung tingkat kesukaran dan daya beda
setiap butir soal
E. Bagaimana Memperbaiki Butir Soal ?
Yang perlu diperhatikan dalam
memperbaiki butri soal adalah :
1. Perhatikan tingkat kesukaran butir soal
2. Perhatikan daya beda butir soal
Sudah barang tentu untuk
mengetahui apakah hasil perbaikan butir soal tersebut memberikan hasil yang
lebih baik atau tidak, baru diketahui jika sudah diujikan.
F. Bagaimana Memperbaiki Non-Tes ?
Prosedur memperbaiki
instrument non tes sama dengan prosedur memperbaiki tes.
Dari hasil analisis dengan
mudah akan memperoleh informasi yang jelas mengenai kualitas instrumen. Seperti validitas dan reliabilitas tes
serta kualitas butir per butir dari instrumen tersebut.
Penyebab butir soal kurang
baik antara lain :
1. Penggunaan bahasa kurang komunikatif
2. Kalimat bersifat ambiguos (dapat
ditafsirkan
3. Pertanyaan atau pernyataan yang dibuat
menyimpang dari indikator
4. Pertanyaan atau pernyataan tidak mengukur
trait (sifat) yang akan diukur
No comments:
Post a Comment