Tuesday, January 29, 2013

LANDASAN SOSIOLOGIS, ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM


RASIONAL
Pendidikan adalah proses budaya untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia. Pendidikan adalah proses sosialisai melalui interaksi insani menuju manusia yang berbudaya.
1.      Landasan Sosiologis dalam Pengembangan Kurikulum
Dilihat dari substansinya faktor sosiologis sebagai landasan dalam mengembangkan kurkulum dapat dikaji dari dua sisi yaitu dari sisi kebudayaan dan kurikulum serta dari unsur masyarakat dan kurikulum.
a.       Kebudayaan dan Kurikulum
Faktor kebudayaan merupakan bagian yang penting dalam pengembangan kurikulum dengan pertimbangan :
1)      Individu lahir tidak berbudaya, baik dalam hal kebiasaan, cita-cita, sikap, pengetahuan, keterampilan dan lain sebagainya.
2)      Kurikulum dalam setiap masyarkat pada dasarnya merupakan refleksi dari cara ornag berpikir, berasa, bercita-cita atau kebiasaan-kebiasaan.
3)      Seluruh nilai yang telah disepakati  masyarakat dapat pula disebut kebudayaan. Oleh karena itu kebudayaan dapat dikatakan sebagai suatu konsep yang memiliki kompleksitas tinggi. Kebudayaan adalah hasil dari cipta, rasa dan karsa manusia yang diwujudkan dalam tiga gejala, yaitu :
a)      Ide, konsep gagasan, nilai, norma, peraturan dan lain-lain
b)      Kegiatan, yaitu tindakan berpola dari manusia dalam bermasyarakat
c)      Benda hasil karya manusia
b.      Masyarkat dan Kurikulum
Masyarakat adalah suatu kelompok individu yang diorganisaikan mereka sendiri ke dalam kelompok-kelompok berbeda. Menurut Daud Yusuf (1982) bahwa sumber nilai yang ada dalam masyarakt untuk dikembangkan melalui proses pendidikan ada tiga yaitu : logika, estetika dan etika. Ilmu pengetahuan dan kebudayaan adalah nilai-nilai yang bersumber pada logika (pikiran)

Tyler (1946), Taba (1963) Tanner dan Tanner (1984) menyatakan tuntutan masyarakat adalah salah satu dasar dalam pengembangan kurikulum Calhoun, Light dan Keller (1997) memaparkan tujuh fungsi sosial pendidikan, yaitu
1)      Mengajar keterampilan
2)      Mentrasmisikan budaya
3)      Mendorong adaptasi lingkungan
4)      Membentuk kedisiplinan
5)      Mendorong bekerja berkelompok
6)      Meningkatkan perilaku etik
7)      Memilih bakat dan memberi penghargaan prestasi

2.      Landasan Ilmu Pengetahuan dan teknologi dalam pengembangan Kurikulum
Kegiatan pendidikan membutuhkan dukungan dari penggunaan alat-alat hasil industri seperti televisi, radio, video, komputer dan peralatan lainnya.
Salah satu ciri masyarakat adalah selalu berkembang. Pendidikan pada dasarnya adalah bersifat normatif, dengan demikian bagaimana agar perubahan nilai-nilai yang diakibatkan oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bisa menuju pada perubahan ynag bersifat positif.

No comments:

Post a Comment