Wednesday, May 14, 2014

Macam –macam Bentuk Diagram untuk Data Terkelompok




A. HISTROGRAM DAN POLIGON FREKUENSI

Apa bila kita menggambarkan grafik berdasarkan data yang sudah disusun dalam tabel distribusi frekuensi, maka akan diperoleh histrogram dan poligon frekuensi.
Langkah –langkah dalam mengambar histrogram dan poligon frekuensi adalah sebagai berikut :
  1. Buat dua sumbu, yaitu sumbu datar dan sumbu tegak. Pada datar memuat bilangan yang merupakan batas-batas semua kelas interval ( atau ada juga yang menggunakan titik tengah atau tanda kelas untuk setiap kelas interval. Sumbu tegaknya mengenai nilai frekuensi dari data yang didapat.
  2. Untuk kelas interfal pertama, pada sumbu datar dibatasi oleh batas bawahnya dan batas atasnya. Pada batas atas dan batas bawah masing-masing ditarik garis tegak lurus keatas sampai menunjukkan bilangan yang sesuai dengan menunjukkan bilangan yang sesuai dengan frekuensi pada sumbu tegak. Selanjutnya dihubungkan kedua ujungnya sehingga akan terbentuk sebuag batang yang berupa empat persegi panjang.
  3. Untuk kelas interfal kedua, pada sumbu datar dibatasi oleh batas bawahnya dan batas atasnya. Pada batas bawah dan batas tasnya masing-masing ditarik garis tegak lurus ke atas sampai menunjukkan bilangan yang sesuai dengan frekuensinya pada sumbu tegak. Selanjutnya dihubungkan kedua ujungnya, sehingga akan membentuk sebuah batang yang serupa empat persegi panjang.
  4. Untuk kelas interfal ketiga , pada sumbu datar dibatasi oleh batas bawahnya dan batas atasnya.pada batas atas dan batas bawah masing-masing ditarik garis tegak lurus ke atas sampai menunjukkan bilangan yang sesuai dengan frekuensinya pada sumbu tegak.Selanjutnya  hubungkan kedua ujungnya, sehingga akan membentuk sebuah batang yang berupa empat persegi panjang. Dalam hal ini batas bawah kelas interval ketiga sama dengan batas atas kelas interval kedua,sehinnga garis yang ditariktegak lurus akan berhimpit
  5. Hal yang sama akan dilakukan pada kelas interval ke empat, kelima, ke enam dan seterusnya sampai kelas interval terakhir. Sehingga akan diperoleh batang-batang yang berimpit dan grafik, inilah yang disebut histogram.
  6. Apa bila dari histogram ini ,titik- titik tengah sisi atas persegi panjang dihubungkan satu sama lain dan hubungkan sisi atas pertama dengan setengah jarak dari panjang kelas yang di ukurkan kekiri batas bawah kelas interval pertama, serta hubungkan sisi atas terakhirdengan setengah jarak dari panjang kelas yang diukurkan ke kanan batas alas interval terakhir , maka akan diperoleh poligon frekuensi
  7. Di bagian tengah bawah grafikdiberi nomor agar lebih mudah dalam pencarian grafik .

B. OGIVE ( OZAIV )
Misalkan kita mempunyai sekumpulan data yang sudah disusun dalam tabel distribusi frekuensi komulatif, maka dari daftar tersebut maka kita dapat menggambarkan grafik ogive atau ozaiv. Karena tabel distribusi frekuensi komulatif ada dua macam, yaitu tabel distributif frekuensi kumulatif ’’kurang dari ’’ dan tabel distribusi frekuensikumulatif     ’’ atau lebih ’’ maka grafiknya juga ada dua macam, yaitu ogive positif dan ogive negatif.
Grafik yang dibuat berdasarkan data yang sudah disusun dalam tabel distribusi frekuensi kumulatif’’ kurang dari ’’ disebut ogive positif. Sedangkan grafik yang dibuat berdasarkan data yang sudah di susun dalam tabel distribusi  frekuensi kumulati ’’ atau lebih ’’ di sebut ogive negatif

Kesimpulan :
* histogram adalah grafik yang dibuat berdasarkan pada data yang sudah disusun dalam tabel distribusi frekuensi . dalam membuat histogram diperlukan dua buah sumbu, yaitu sumbu datar dan sumbu tegakdengan ketentuan sebagai berikut :
            a. sunbu datar berisi batas-batas kelas interval atau titik tengah ( tanda                                 kelas ) untuk setiap kelas interval
            b. sumbu tegak berupa frekuensinya.
                Histogram bentuknya sama dengan grafik batang. Namun batang-batangnya dalam histogram saling berhimpitan.
* Ozaiv atau ogive adalah grafik yang dilukiskan berdasarkan data yang sudah disusun dalam tabel distribusi frekuensi kumulatif. Ozaiv positif adalah grafik yang dilukiskan berdasarkan data yang sudahdi susun dalam tabel distribusi kumulatif ’’kurang dari ’’. ozaiv negatif adalah grafik yang dilukiskan berdasarkan data yang sudah disusun dalam tabel distribusi kumulatif ’’ atau lebih ’’

1 comment:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete