Mutu pendidikan sedikit banyak bergantung pada keadaan gurunya. Guru
adalah factor penentu keberhasilan belajar disamping alat, fasilitas sarana dan
kemampuan siswa itu sendiri, termasuk partisipasi orang tua dan masyarakat.
A. PENGUSAAN MATERI
Salah satu komponen kompetensi yang harus dimiliki oleh guru sebagai
seorang professional adalah menguasai bahan pelajaran serta konsep-konsep dasar
keilmuanya (DEPDIKBUD, 1980).
Ada dua
cara memandang materi atau bahan ajar,
yaitu pertama dari isi bahan ajar dan keud adari sudut cara
pengorganisasian bahan ajarnya.
Dilihat dari isi materi, bahan ajar dapat digolongkan kedalam enam jenis,
sebagai berikut :
- Fakta
- Konsep
- Perinsip
- Keterampilan
- Pemecahan Masalah
- Proses
Jenis bahan setudi berdasarkan cara pengorganisasiannya terbagi kedalam
empat jenis, sebagai berikut :
- Bahan bidang setudi linier
Karakter bahan bidang studi linier disusun secara
berurutan dari yang mudah kepada yang sukar atau dari yang sederhana kepada
yang kompleks.
- Bahan bidang studi kumulatif
Bahan bidang ini tidak disusun dalam serangkaiaan
tingkatan yang berisi seperti pada bahan bidang studi linier. Pendekatan
metodologisnya adalah child-centered, yaitu pengajaran itu
seluruhnya berpusat pada kebutuhan, minat dan perhatian siswa.
- Bahan bidang studi praktikal
Pendekatan untuk mempelajari bidang studi praktikal
adalah dengan Drill atau pelatihan.
- Bahan bidang studi eksperensial
Bahan bidang studi eksperensial tidak terbatas pada
bidang studi keterampilan kejuruan, tetapi juga terdapat pada bidang studi IPA
dan sejenisnya.
Untuk memudahkan anda dalam mengajarkan jenis materi ini, anda perlu
mengetahui bagaimana cara memilih bahan sesuai dengan perkembanganya, adapun
alas an pengembangan dalam pemilihan bahan ajar adalah sebagai berikut.
- Bahan bidang studi itu harus diseleksi dan disesuaikan dengan kebutuhan. Cara memilihnya dilakukan dengan cermat dan mengunakan kriteria tertentu.
- Bahan bidang studi yang tidak relevan dengan kebutuhan diganti dengan yang baru. Pergantian ini dilakukan atas dasar perkembangan pengetahuan dan teknologi. Bahan bidang studi ini bersifat fundamental dan terbaru.
- Bahan bidang studi yang makin bertambah harus dipelajari melalui berbagai media komunikasi. Media dengar, media lihat dan media gerak perlu diperluas. Proses belajar tidak terbatas diruang kelas, tetapi juga diluar kelas, bahkan sampai diluar sekolah.
- Bahan bidang studi yang makin bertambah itu dipelajari melalui berbagai pendekatan metode penyampaian pelajaran maupun media pembelajaran yang digunakan.
Untuk itu ada beberapa cara dalam menyampaikan bahan bidang studi, antara
lain sebagai berikut :
- Menganti bahan bidang studi yang tidak sesuai lagi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan bahan bidang studi baru.
- Mengembangkan sistem pendekatan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan anak.
- Menerapkan prinsip belajar moderen seperti cara-cara belajar siswa aktif.
- memilih dan mengunakan metode dan media yang bervariasi.
Untuk lebih dalam penguasaan anda terhadap bahan ajar yang akan
disampaikan kepada siswa, sebaiknya anda perlu mengetahui beberapa Kriteria di
dalam memilih bahan bidang studi antara lain sebagai berikut.
- Bahan bidang studi yang diajarkan adalah bersifat fundamental. Bahan bidang studi ini adalah paling mendasar dan untuk diajarkan dan perlu dikuasai oleh setiap anak.
- Bahan bidang studi yang hangat (current event). Hal-hal yang terjadi di masyarakat, seperti usaha penggalangan gerakan keluarga berencana atau pelestarian lingkungan hidup, dapat dijadikan bahan untuk dimasukan ke dalam bidang studi yang diajarkan di sekolah.
- Bahan bidang studi yang selalu dihadapi berulang-ulang oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari (Personal life situation).
- Bahan bidang studi yang mengandung unsur pemecahan masalah.
- Bahan bidang studi yang praktis, artinya bahan yang dapat digunakan untuk kehidupan sehari-hari.
B. KEMAMPUAN MENGAJAR
Dalam menentukan metode belajar mengajar yang akan dipakai, terlebih
dahulu anda perlu mempertanyakan hal-hal sebagai berikut.
- apakah yang sepatutnya dijelaskan agar siswa mengetahui materi/bahan ajar yang berupa konsep, teori dan lain-lain?
- Tingkah laku apa yang diharapkan dapat dikuasai pada siswa dalam pelajaran ini?
- Bahan bidang studi atau pokok bahasan apa yang harus dipelajari siswa agar pembelajaran tercapai?
- Mettode apa yang paling cocok untuk mencapai tujuan pembelajaran?
Untuk memperoleh keterampilan ini dapat anda lakukan dengan cara sebagai
berikut.
- Latihan menganalisis tugas-tugas belajar
- Latihan merumuskan tujuan-tujuan pembelajaran umum yang berpusat pada hasil belajar yang diharapkan.
- Latihan menentukan indicator-indikator tingkah laku yang spesifik dari kata kerja yang dipakai oleh tujuan pembelajaran umum.
- Latihan memilih indicator-indikator yang sesuai dengan tingkatan kemampuan siswa.
- Latihan meneruskan tujuan pembelajaran khusus pada indicator-indikator terpilih.
C. MENGENAL DAN MAMPU MENGUNAKAN METODE MENGAJAR
Mengenal dan sanggup mengunakan metode mengajar adalah kemampuan dasar
guru yang paling utama dalam meraih suskses disekolah. Dari penelitian mengenai
pelaksanaan kurikulum SD 1975 diperoleh informasi bahwa guru hanya menguasai
bidang studi tanpa mengenal metode mengajar, akan kurang berhasil dan
membosankan dalam mengajar.
Dari uraian
diatas, dapat kita kaitkan hubungan antara penguasaan materi ajar dengan
kemampuan mengajar sebagi berikut.
- Penguasaan materi menjadi landasan pokok seorang guru untuk memiliki kemampuan mengajar.
- Guru yang memiliki wawasan yang mendalam terhadap materi ajar akan lebih yakin didalam merumuskan tujuan belajar mengajar di kelas.
- Guru yang sudah menguasai betul materi ajar yang akan disampaikan kepada siswa akan berusaha memperhatikan kebutuhan dan kemampuan yang dihadapinya dengan lebih bijaksana.
- Guru yang menguasai materi dengan baik senantiasa mencoba berbagai metode untuk diterapkan sesuai dengan perkembangan situasi di kelas dan tidak terlalu terikat dengan patokan persiapan mengajar yang sudah dirimuskan sebelum memasuki kelas.
- guru yang menguasai betul materi ajar akan lebih kretif dan iniviatif dalam menyampaikan materi ajarnya.
No comments:
Post a Comment