Wednesday, April 18, 2012

HAKIKAT BIMBINGAN DAN KONSELING DI SD



Latar belakang perlunya bimbingan dan konseling di sekolah karena adanya :
  1. Kesadaran tentang perbedaan individual
  2. Kesadaran akan perlunya sistem pengajaran dan pelayanan kependidikan yang berpusat pada kebutuhan dan karekteristik anak
  3. Kesadaran akan perlunya penerapan konsep demokrasi dalam pendidikan
  4. Kesadaran akan permasalahan individu dalam kehidupan masyarakat yang selalu berubah dan berkembang
  5. Kesadaran akan persoalan yang dihadapi dalam kehidupan yang modern

Bimbingan merupakan bagian integral dari upaya pendidikan, oleh sebab itu bimbingan juga merupakan bagian dari tugas guru sebagai pendidik yang tidak dapat dipisah-pisahkan dengan tugas mengajar dan tugas administrasi. Dalam hal ini bimbingan diartikan sebagai suatu proses membantu individu siswa untuk dapat memahami diri, mengenal lingkungan dan merencanakan masa depannya sehingga diharapkan dapat mencapai perkembangan yang optimal sebagai pribadi dan sebagai anggota masyarakat yang demokratis.

Anggapan-anggapan yang keliru tentang bimbingan dan konseling :
  1. Bimbingan diberikan hanya kepada anak yang bermasalah atau salah suai (Maladjusted)
  2. Guidance for all (Bimbingan untuk semua anak)
  3. Bimbingan diperuntukkan bagi siswa sekolah lanjutan
  4. Bimbingan sama dengan nasihat
  5. Bimbingan adalah tugas para ahli
  6. Bimbingan adalah obat mujarab untuk semua penyakit tingkah laku
  7. Bimbingan disamakan dengan konseling

Adapun tugas-tugas perkembangan anak SD atau pola perilaku yang seyogianya ditampilkan anak SD meliputi :
(1)           Sikap dan kebiasaan dalam berimtaq (iman dan taqwa)
(2)           Pengembangan kata hai moral dan nilai-nilai
(3)           Pengembangan keterampilan dasar dalam membaca –menulis – berhitung (calistung)
(4)           Pengembangan konsep-konsep yang perlu dalam kehidupan sehari-hari
(5)           Belajar bergaul dan bekerja salam kelompok sebaya
(6)           Belajar menjadi pribadi yang mandiir
(7)           Mempelajari keterampilan fisik sederhana
(8)           Membina hidup sehat
(9)           Belajar menjalankan peranan sosial sesuai dengan jenis kelamin
(10)       Pengembangan sikap terhadap kelompok dan lembaga-lembaga sosial

Bimbingan memiliki tujuan umum dan tujuan khusus.
Tujuan umum bimbingan adalah membantu perkembangan sisiwa secara optimal, sedangkan tujuan khusunya bergantung kebutuhan dan karakterisitik tugas perkmebngan siswa atau tahap perkembangan sisiwa.

No comments:

Post a Comment