Latar belakang perlunya bimbingan dan konseling di
sekolah karena adanya :
- Kesadaran tentang perbedaan individual
- Kesadaran akan perlunya sistem pengajaran dan pelayanan kependidikan yang berpusat pada kebutuhan dan karekteristik anak
- Kesadaran akan perlunya penerapan konsep demokrasi dalam pendidikan
- Kesadaran akan permasalahan individu dalam kehidupan masyarakat yang selalu berubah dan berkembang
- Kesadaran akan persoalan yang dihadapi dalam kehidupan yang modern
Bimbingan merupakan bagian integral dari upaya
pendidikan, oleh sebab itu bimbingan juga merupakan bagian dari tugas guru
sebagai pendidik yang tidak dapat dipisah-pisahkan dengan tugas mengajar dan
tugas administrasi. Dalam hal ini bimbingan diartikan sebagai suatu proses
membantu individu siswa untuk dapat memahami diri, mengenal lingkungan dan
merencanakan masa depannya sehingga diharapkan dapat mencapai perkembangan yang
optimal sebagai pribadi dan sebagai anggota masyarakat yang demokratis.
Anggapan-anggapan yang keliru tentang bimbingan
dan konseling :
- Bimbingan diberikan hanya kepada anak yang bermasalah atau salah suai (Maladjusted)
- Guidance for all (Bimbingan untuk semua anak)
- Bimbingan diperuntukkan bagi siswa sekolah lanjutan
- Bimbingan sama dengan nasihat
- Bimbingan adalah tugas para ahli
- Bimbingan adalah obat mujarab untuk semua penyakit tingkah laku
- Bimbingan disamakan dengan konseling
Adapun tugas-tugas perkembangan anak SD atau pola
perilaku yang seyogianya ditampilkan anak SD meliputi :
(1)
Sikap
dan kebiasaan dalam berimtaq (iman dan taqwa)
(2)
Pengembangan
kata hai moral dan nilai-nilai
(3)
Pengembangan
keterampilan dasar dalam membaca –menulis – berhitung (calistung)
(4)
Pengembangan
konsep-konsep yang perlu dalam kehidupan sehari-hari
(5)
Belajar
bergaul dan bekerja salam kelompok sebaya
(6)
Belajar
menjadi pribadi yang mandiir
(7)
Mempelajari
keterampilan fisik sederhana
(8)
Membina
hidup sehat
(9)
Belajar
menjalankan peranan sosial sesuai dengan jenis kelamin
(10) Pengembangan sikap terhadap kelompok dan
lembaga-lembaga sosial
Bimbingan memiliki tujuan umum dan tujuan khusus.
Tujuan umum bimbingan adalah membantu perkembangan
sisiwa secara optimal, sedangkan tujuan khusunya bergantung kebutuhan dan
karakterisitik tugas perkmebngan siswa atau tahap perkembangan sisiwa.
No comments:
Post a Comment